om-onny.com: Home » Tutorial » Cara Mengatasi Halaman Kosong Atau Blank Page

Cara Mengatasi Halaman Kosong Atau Blank Page

Cara Mengatasi Halaman Kosong Atau Blank Page. Setelah melakukan migrasi total dari blogspot ke wordpress, saya mencoba melakukan oprek atau edit template premium dari elegant theme. Ditengah-tengah edit theme, saya mencoba membuka om-onny.com. Tetapi alangkah terkejutnya, pada URL tersebut muncul error yaitu halaman kosong atau blank page. Akhirnya saya browsing ” Cara Mengatasi Halaman Kosong Atau Blank Page “, Alhamdulillah akhirnya saya menemukan solusi dari masalah halaman kosong atau blank page.

Ternyata error halaman kosong atau blank page sering menimpa blog yang menggunakan wordpress. Error ini ditandai dengan munculnya halaman kosong pada suatu URL, bisa artikel, page atau bahkan blog tidak bisa diakses sama sekali. Tampilan error yang muncul pada monitor adalah halaman putih kosong atau blank screen. Bahkan ketika kita mau login ke wp-admin, error halaman kosong tetap muncul. Untuk menemukan penyebab terjadinya error blank page, sangat sulit diketahui penyebabnya. Kita harus mengecek satu persatu, mulai dari hosting, plugin, theme. Jika ternyata tidak ditemukan juga solusinya, usaha terakhir adalah dengan melakukan install ulang wordpress.

Adapun Permasalahan dan Cara Mengatasi Halaman Kosong Atau Blank Page sebagai berikut :

1. Coba anda ingat kembali, Apa yang anda lakukan ketika sebelum URL mengalami error halaman kosong atau blank page.
Jika anda menemukan permasalahan yang menyebabkan terjadinya error halaman kosong, maka akan ditemukan solusi cepatnya. Misal anda telah, melakukan oprek editor theme, biasanya yang dioprek adalah ” fuction.php”. Nah, anda misa melakukan install theme atau rewrite themenya.

2. Jika Error Halaman Kosong karena disebabkan servernya.
Periksa servernya dengan cara masuk ke wp-admin. Jika di wp-admin masih muncul halaman kosong, coba log in ke control panel. Jika anda bisa log in ke control panel, error halaman kosong atau blank tidak disebabkan karena servernya. Tetapi jika anda tidak bisa akses control panel, maka anda segera hubungi CS ( Customer Service ) dari penyedia hosting. Segera tanyakan, apakah server lagi down atau trouble. Jika tempat menyewa hosting profesional, maka masalah tersebut dalam hitungan menit akan terselesaikan.

3. Error karena Database wordpress
Periksa error pada database anda dengan masuk ke wp-admin dengan cara login di http://www.namabloganda.com/wp-admin.
Jika muncul halaman kosong, lanjutkan dengan masuk di Cpanel http://www.namabloganda.com/cpanel. Jika Cpanel bisa diakses, maka bisa dipastikan penyebab error halaman kosong disebabkan karena error pada databasenya yaitu theme dan pluginnya. Untuk mengatasi masalah pada theme, pada root direktori delete theme lama. Kemudian Install kembali theme tersebut, dan buat chane permission menjadi 777.

4. Periksa index.html
Jika langkah diatas belum memecahkan permasalahannya, periksa index.html. Index.html pada root direktori harus kosong dan hanya terdapat index.php, jika ditemukan ada index.html maka delete file tersebut.

5. Periksa semua plugin
Untuk memeriksa semua plugin, bisa dengan cara memindahkan semua plugin ke temp direktori. Dan memasangnya kembali satu per satu ke folder plugin, dan periksa wp-admin sampai error halaman kosong muncul lagi. Anda bisa menggunakan cara seperti pada nomer 3, dengan change permission menjadi 777 atau 000.

Agar anda bisa mengantispasi hal terburuk jika terjadi error pada wordpress anda, sebaiknya anda melakukan backup database secara berkala. Agar jika terjadi error yang mengakibatkan hal-hal fatal, anda bisa mengupload kembali. Demikian share saya mengenai Cara Mengatasi Halaman Kosong Atau Blank Page, semoga bermanfaat.

Posted by 0 Responses
     

No Comment to “Cara Mengatasi Halaman Kosong Atau Blank Page”

  1. Comments are closed.
Apr
10
2012
 
Statistik